Apakah Anda menyediakan jasa SEO? Jika benar, ingat baik-baik daftar pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan-pertanyaan berikut sangat penting bagi Anda, bila Anda ingin optimasi SEO yang Anda lakukan berujung dengan kesuksesan.

Pertanyaan untuk klien SEO

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang akan kami sampaikan berikut ini dapat membantu Anda dalam memahami calon klien, serta mengambil langkah yang tepat pada website yang akan Anda optimasi. Disamping itu, kurangnya informasi akibat enggan bertanya kepada klien sehubungan dengan kondisi website yang akan dioptimasi, dapat berakibat fatal dan mengurangi efektifitas optimasi yang akan Anda terapkan.

Lalu, pertanyaan apa sajakah itu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pertanyaan yang Harus ditanyakan kepada Calon Klien SEO

1. Apakah Saya Boleh Mengakses Beberapa Item di bawah ini?

Untuk dapat memantau dan mengantisipasi praktik optimasi, saya membutuhkan akses cepat ke dalam item-item berikut:

  • CMS website
  • CMS blog
  • Google Search Console (GSC)
  • Google Analytics (GA)
  • Google Ads/AdWord

Kami sengaja menambahkan item Google Ads, karena kami yakin dengan memanfaatkan akun Google Ads situs, kami dapat menganalisis keyword dengan lebih baik lagi yang related dengan situs Anda.

2. Apa yang Menjadi Target Anda?

Pertanyaan ini penting Anda ajukan kepada klien. Sebab, ketidakjelasan tujuan atau target klien dapat berakibat kesalahfahaman dalam kesepakatan kerja SEO yang akan Anda jalankan. Mengetahui target atau tujuan klien dalam optimasi SEO, juga berguna bagi Anda dalam menentukan apakah target si klien dapat direalisasikan atau tidak. 

3. Negara Mana yang akan Anda Target?

Anda harus memastikan kepada klien dan bertanya, negara mana yang akan Anda target dengan website bisnis yang akan kami optimasi. Bila ternyata klien menargetkan pasar global atau internasional, mintalah untuk menentukan geolokasi yang menjadi prioritas saat ini.

Sebagai contoh, bila klien Anda memprioritaskan negara Malaysia sebagai target marketnya, ubahlah settingan di Google Search Console dengan masuk ke penargetan internasional, kemudian pilih negara spesifik yakni Malaysia.

4. Siapa yang Menjadi Kompetitor Anda?

Mengumpulkan informasi terkait kompetitor klien dapat bermanfaat bagi Anda untuk mengukur kinerja pesaing, sekaligus mengedukasi klien tentang pesaing SEO mereka yang sebenarnya.

5. Siapa yang Mengelola SEO Anda Sebelumnya atau Saat ini?

Anda perlu menanyakan klien tentang siapa yang mengelola optimasi SEO sebelumnya atau saat ini. Informasi ini penting sebagai gambaran, langkah optimasi apa saja yang kira-kira telah diambil oleh penyedia jasa SEO sebelumnya.

6. Dapatkah Saya Melihat Dokumen SEO Website Anda?

Bagi sebagian pemilik usaha atau yang membangun bisnis miliknya melalui website, pertanyaan ini mungkin sedikit mengusik dirinya. Tapi ayolah! Hal ini sangat penting bagi praktisi SEO agar tidak melakukan optimasi yang sama, sebagaimana optimasi yang dilakukan oleh agen SEO sebelumnya. Disamping itu, melalui perantara dokumen tersebut, hasil optimasi akan jauh lebih cepat, karena praktisi SEO telah melihat jejak optimasi dari agen SEO sebelumnya.

Diantara pertanyaan lainnya yang perlu Anda ajukan kepada calon klien SEO Anda, seperti:

  1. Apakah situs Anda pernah terkena penalty oleh Google?
  2. Sejauh apa pemahaman Anda tentang SEO?
  3. Apakah Anda memiliki subdomain lain dari domain utama yang akan dioptimalkan?
  4. Apakah Anda Memiliki Tim Lain Dalam Optimasi SEO Ini?
  5. Apakah Kami dapat bekerjasama dengan tim tersebut?
  6. Apakah Anda bekerja dengan badan HUMAS?
  7. Sudah berapa kali struktur URL berubah/redirect?
  8. Apakah situs tersebut telah diaudit untuk antisipasi tautan rusak?
  9. Menggunakan CMS apa website yang akan Kami optimasi?
  10. Sudah berapa kali berganti CMS?
  11. Apakah Anda memiliki rencana mendesain ulang web Anda saat ini?
  12. Apakah segala perubahan terkait SEO harus melalui persetujuan Anda atau tim Anda?
  13. Apakah Anda mengalami kerugian/keuntungan dalam tiga tahun terakhir?
  14. Seberapa musiman bisnis yang Anda jalankan saat ini?
  15. Apakah Anda memiliki panduan khusus terkait merek?
  16. Apakah website Anda memiliki gaya penulisan yang unik?
  17. Apakah asset seperti logo, font, warna merek, dll dapat kami akses?
  18. Apakah Anda memiliki mitra website yang bersedia memberi tautan ke dalam website Anda?

Kesimpulan

Ada banyak pertanyaan yang perlu diajukan kepada calon klien SEO Anda. Meskipun dalam hal ini ada beberapa pertanyaan yang sedikit mengusik calon klien, yakinlah! Hal itu jauh lebih baik dibandingkan Anda gagal dalam optimasi karena kurangnya informasi.

Terima kasih atas perhatian dan waktunya, semoga apa yang sedikit kami sampaikan ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di lain kesempatan, tentunya masih seputar SEO dan sosial media.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *