perbedaan hiking camping dan climbing, perbedaan hiking dan climbing, perbedaan hiking dan camping, perbedaan hiking camping dan climbing area, perbedaan hiking camping dan climbing activities, perbedaan hiking camping dan climbing activity, perbedaan hiking camping dan climbing adalah, perbedaan hiking camping dan climbing beach, perbedaan hiking camping dan climbing bali, perbedaan hiking camping dan climbing backpack,
Perbedaan Hiking Camping dan Climbing

Perbedaan Hiking, Camping, dan Climbing РMendaki gunung adalah salah satu bentuk rekreasi yang seru dan mengasyikkan. Selain mendapatkan udara segar, Kita juga disuguhkan pemandangan alam yang begitu luar biasa. Halo gaes! gimana kabar Kalian? Semoga baik selalu yah. Pada pembahasan sebelumnya Kita sudah menjelaskan tentang Ciri-ciri tumbuhan yang bisa dimakan saat survival. Nah! masih di sesi dunia outdoor, kali ini Kita akan menjelaskan tentang perbedaan hiking, camping, dan climbing.

Kenapa ini perlu Kita jelaskan? Karena gak sedikit di kalangan awam yang masih keliru, membedakan antara mana yang disebut hiking, mana yang camping dan mana yang climbing. Meskipun mungkin terdapat kemiripan diantara ketiganya. Namun ada hal yang sangat spesifik dan sangat membedakan antaranya. Apa itu? Yuk simak perbedaan hiking, camping dan climbing di bawah ini.

Perbedaan Hiking Camping dan Climbing

Berikut di bawah ini akan Kami uraiankan satu persatu pengertian dari hiking, camping dan climbing. Kemudian akan kita jelaskan perbedaannya.

Hiking

Pengertian Hiking adalah suatu kegiatan outdoor (luar ruangan) dalam bentuk perjalanan menyusuri jalur, dengan sajian pemandangan yang indah. Kegiatan hiking biasanya lebih mengutamakan rekreasi dan jalur yang ditempuh umumnya adalah jalur yang sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga tidak terlalu terdapat kesulitan dalam menelusurinya.

Trekking

Trekking tidak jauh berbeda dengan kegiatan hiking. Hanya saja, bila hiking umumnya menelusuri jalan yang sudah ada dan dibuat mudah untuk melaluinya. Sebaliknya, trekking biasanya dilakukan di wilayah yang cukup sulit, karena masih banyak sarana dan prasarana yang belum tersedia. Jangankan petunjuk jalur, bahkan dalam kegiatan trekking tidak jarang Kitalah yang membuat jalan sendiri agar lebih singkat.

Camping

Untuk Camping, ini merupakan istilah untuk menyebut sebuah kegiatan outdoor yang umumnya dilakukan untuk refreshing dari penatnya kegiatan di Kota. Camping biasanya dilakukan di wilayah pegunungan dengan alam terbuka dan membangun tenda. Akan tetapi, kegiatan camping juga bisa dilakukan di wilayah pesisir pantai.

Climbing

Adapun Climbing atau panjat tebing adalah salah satu bentuk kegiatan outdoor dengan memanjat tebing, dengan sudut kemiringan lebih dari 45 derajat. Berbeda dengan kegiatan hiking yang fokus dengan aktifitas kaki, kegiatan climbing bukan hanya mengandalkan kaki, namun juga membutuhkan kekuatan tangan. Ditinjau dari aspek olahraga, climbing juga termasuk salah satu cabang olahraga. Hanya saja, yang dipanjat adalah tebing buatan yang dirancang dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Perbedaan Hiking dan Camping

Ada perbedaan yang sangat mendasar dari kegiatan hiking dan camping. Di mana hiking adalah aktivitas rekreasi mendaki biasa, fokus pada kegiatan menelusuri jalur, yang dilakukan di wilayah pegunungan. Sedangkan camping, yang menjadi fokus kegiatan utama adalah rekreasi dengan mendirikan tenda. Camping tidak harus dilakukan di wilayah gunung, namun juga bisa di wilayah pantai.

Perbedaan Hiking dan Trekking

Jika hiking adalah kegiatan menelusuri jalur yang sudah dibuat, berbeda dengan trekking. Menelusuri jalan baru yang belum dibuat adalah hal yang biasa. Hiking dilakukan di wilayah yang sudah terdapat banyak sarana dan prasarana. Sedangkan trekking umumnya dilakukan di area yang masih minim dengan sarana dan prasarana. Hiking dilakukan dalam waktu yang singkat, sedangkan trekking bisa berhari-hari, pekan, bahkan bulan.

Perbedaan Hiking dan Climbing

Hiking lebih banyak menitikberatkan beban pada kaki, sedangkan dalam climbing. Tangan membutuhkan porsi beban yang sama dengan kaki. Konsekuensinya, untuk dapat selamat melakukan climbing, Kita wajib memiliki tangan yang kuat. Dibandingkan dengan hiking, aktivitas climbing lebih beresiko terhadap keselamatan nyawa.

Penutup

Mungkin demikian saja penjelasan Kita yah mengenai Perbedaan Hiking Camping dan Climbing. Semoga dapat dipahami dan diambil manfaatnya. Jangan lupa bagika konten artikel ini ke sosial media Kalian, agar semakin banyak yang faham tentang apa itu climbing, hiking, trekking dan camping. Biar tidak salah kaprah lagi saat menyebutkannya.

Lainnya: Ciri-Ciri Tumbuhan Yang Bisa Dimakan