Salah satu hal yang paling sering ditanyakan kepada Kami adalah mengenai contoh artikel yang sudah dibuat. Sebenarnya, artikel yang sudah Kita buat (diorder klien) tidak boleh dipublish ke orang lain. Mengingat hal ini bisa saja disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab. Maka dari itu, Kami akan berikan sedikit contoh artikel, sekedar gambaran buat Kamu yang berniat membeli layanan Kami.

Contoh Artikel Blog Biasa

Judul: Benarkah HP Xiaomi Gampang Rusak?

Hallo Gaes! Balik lagi di kanal informasi (Nama Websitemu). Kalau ngomongin soal perangkat smartphone, tentu tidak ada habisnya yah. Apalagi masing-masing kubu selalu menomorsatukan brand andalannya. Pengguna Samsung bilang kalau brand yang dipakainya adalah yang terbaik, pengguna Vivo juga bilang kalau merk yang dipakainya adalah yang paling oke. Gitu terus sampai kecebong berubah jadi naga.

Seperti yang kalian lihat di atas, artikel ini akan mengulas tentang smartphone Xiaomi. Mungkin lebih tepatnya adalah opini penulis tentang smartphone dengan brand Xiaomi. Apakah Xiaomi beneran gampang rusak? Dan seperti apa keluhan para pengguna Xiaomi?. Kita berharap, dengan ulasan dari kami ini, teman-teman dapat lebih objektif dalam memilih brand smartphone yang akan dipakai.

Apakah Xiaomi Gampang Rusak?

Bila ditanya apa betul smartphone Xiaomi gampang rusak? Maka jawabannya tentu sangat tergantung. Ada banyak aspek yang perlu kita tinjau kembali, sebelum mengatakan sebuah merk smartphone gampang rusak, termasuk dalam hal ini merk smartphone Xiaomi. Lalu, apa saja aspek yang perlu kita tinjau dalam hal ini?

1. Kebiasaan Dalam Mengecas Baterai

Aspek pertama yang perlu kita tinjau adalah kebiasaan pengguna dalam mengecas baterai. Sejauh pengalaman saya menggunakan HP dengan brand Xiaomi, bila kita mengisi baterai dan membiarkannya selama berjam-jam setelah penuh (tidak dicabut), maka betul! HP Xiaomi akan cepat banget rusaknya. Dalam hal ini yang akan diserang atau yang mengalami kerusakan lebih cepat adalah kondisi baterainya.

Baterai yang dibiarkan terus terhubung dengan charger dan tidak segera dicabut setelah penuh, akan mengakibat baterai Xiaomi cepat sekali gendutnya. Saya tidak tahu bagaimana kondisi brand lain dalam hal ini. Hanya saja, bila dikomparasikan dengan brand Lenovo (pernah saya pakai), kondisi baterai Lenovo cenderung lebih aman bila terhubung charger meskipun sudah penuh.

Bayangkan saja, saya mempunyai sebuah tablet lenovo yang sudah berusia sekitar 7 tahun lamanya, baterainya belum bunting sama sekali, padahal selalu dicas dari malam sampai pagi.

Maka melihat dari aspek kebiasaan mengisi baterai, cukup masuk akal bahwa smartphone Xiaomi gampang rusak bila pengisian daya tidak diawasi. Ini juga yang menjadi salah satu keluhan pengguna Xiaomi (termasuk saya di dalamnya).

2. Menggunakan Charger Tidak Ori

Faktor lainnya yang perlu kita tinjau adalah soal penggunan charger. Mungkin kita telah banyak melihat ulasan bahwa seluruh brand sangat menganjurkan agar menggunakan carger ori pada perangkatnya. Sejauh ini, saya pernah menggunakan smartphone Sony, Samsung, Lenovo, Xiaomi dan Smartfren Andromax.

Lalu apa yang saya rasakan sebagai pengguna? Dari kesemuaan produk tersebut, yang saya rasakan semua smartphone sama. Dalam artian, tidak banyak yang bisa dideteksi sejauh apa pengaruh charger tidak ori pada smartphone kita. Tapi jujur saja, saya merasakan bahwa sepertinya smartphoen Xiaomi yang saya pakai lebih cepat rusak baterainya ketimbang seluruh smartphone di atas. Tapi kembali lagi, ini opini pribadi saya. Tidak tahu apakah ini berlaku secara keseluruhan.

3. Beban Kerja yang Berlebihan

Sebenarnya bukan hanya smartphone Xiaomi, seluruh brand smartphone pasti akan cepat rusak bila diberi beban kerja yang berlebihan. Sebagai contoh, ketika sebuah smartphone dengan spek rendah dipaksa genjot untuk menjalankan aplikasi berat, semisal game dengan resolusi HD.

Tentu hal ini akan sangat menyiksa perangkat yang kita gunakan. Terlebih lagi, saya secara pribadi belum pernah melihat smartphone xiaomi mempunyai image sebagai smartphone gaming. Mengapa kita katakan gaming? karena umumnya, aplikasi game adalah yang paling sering menjadi beban saat dijalankan di sebuah smartphone.

Maka dalam hal ini bisa kita tarik sebuah kesimpulan bahwa beban kerja yang berlebihan dapat membuat smartphone Xiaomi gampang rusak DAN termasuk juga merk smartphone lainnya. Namun, mengingat kapasitas Xiaomi yang terkesan sebagai HP midle end, wajar bila para pengguna xiaomi banyak yang mengeluh.

Apa Saja Keluhan Pengguna Xiaomi?

Bila kita berbicara soal keluhan pengguna Xiaomi, tentu akan sangat bervariasi tergantu tipe individu dan jenis Xiaomi apa yang dipakai. Namun, meskipun terdapat perbedaan antara individu dan jenis Xiaomi yang digunakan, kita tetap dapat melihat bahwa ada banyak keluhan para pengguna Xiaomi secara umum. Apa saja sih keluhan tersebut?

1. Gangguan jaringan 4G di beberapa tipe.

2. Kamera video terkadang ngelag alias tidak responsif.

3. Beberapa tipe Xiaomi menggunakan baterai tanam.

4. Kualitas rom yang rendah (menurut sebagian orang).

5. Banjir iklan dalam aplikasi (sangat mengganggu).

6. Baterai cepat soak (pengalaman pribadi).

Singkatnya, ada banyak keluhan bermunculan terkait penggunaan smartphone Xiaomi. Tentu saja ini adalah sebuah kritik dan saran yang baik bagi Xiaomi agar lebih berbenah menciptakan produk yang lebih berkualitas.

Setelah membaca ulasan atau opini kami di atas, kami harap dapat memberi sedikit pelajaran atau gambaran kepada teman-teman sebelum memutuskan untuk membeli sebuah perangkat smartphone. Akhir kata, bila ditanya apakah Xiaomi Gampang Rusak? Tentu semua kembali lagi pada aspek yang telah kita jelaskan di atas. Teman-teman juga bisa mempertimbangkan keluhan pengguna Xiaomi di atas, sebelum mengeksekusi smartphone tersebut.

__________________

Contoh Artikel Pilar

Judul: Jasa SEO Organik Terbaik di Indonesia

Apa itu SEO?

Mungkin diantara para pembaca masih ada yang bingung atau pun merasa samar mengenai Apa itu SEO. Untuk lebih memahaminya, disini kita bawakan penjelasan yang berasal dari halaman support Google. Di halaman tersebut Google menyebutkan, SEO adalah singkatan dari search engine optimization, atau bahasa sederhananya yaitu optimalisasi (website) pada mesin pencari.

Jenis-Jenis SEO

Berikut di bawah ini adalah 2 pembagian atau klasifikasi jenis SEO paling popular dalam dunia digital marketing.

1. SEO On Page

Sesuai dengan namanya, SEO on page adalah jenis optimasi website pada mesin pencari, yang menekankan elemen-elemen SEO muncul pada halaman yang akan dioptimasi. Seseorang dapat dikatakan telah melakukan optimasi secara on page apabila halaman dari website yang ia kelola memiliki indikator-indikator SEO sesuai dengan guidelines Google.

Mengapa kita katakan harus sesuai dengan guidelines Google? Tentu saja alasannya jelas. Optimasi yang dilakukan secara serampangan tanpa mengindahkan aturan dari Google hanya akan membuat rangking sementara di mesin pencari. Baik itu menghilang dari SERP secara perlahan, ataupun secara dadakan. Oleh karenanya, jangan pernah tergiur dengan teknik optimasi yang instant. Karena pada dasarnya, SEO adalah sebuah optimasi yang membutuhkan waktu dan kesabaran.

2. SEO Off Page

Jika SEO on page menekankan teknik optimasi melalui halaman website (yang dioptimasi) secara langsung, sebaliknya SEO off page adalah jenis optimasi website yang dilakukan dari luar website itu sendiri. Maksudnya adalah kita menciptakan indikator-indikator SEO dari luar website (yang dioptimasi), sehingga memberi sinyal kepada robot Google, bahwa website atau halaman yang telah kita optimasi layak untuk tampil di halaman pertama mesin pencari.

Biasanya, melakukan optimasi SEO secara off page cenderung membutuhkan dana yang lebih besar dibandingkan melakukan optimasi SEO secara on page. Namun semua kembali lagi pada diri kita, sebab SEO off page itu sendiri bukan hanya memiliki satu jalur. Ada banyak bentuk SEO off page yang bisa kita lakukan.

Tujuan Utama SEO

Tujuan utama optimasi SEO bagi sebuah website adalah menempatkan salah satu web page yang dioptimalkan masuk ke halaman pertama (page one) mesin pencari pada keyword yang telah ditarget. Sebagai contoh, website SEO kilat telah kami optimasi dengan berbagai langkah SEO, sehingga mampu membidik keyword jasa SEO. Nantinya, saat user mengetik kata kunci “jasa SEO” pada mesin pencari, salah satu website yang akan tampil pada halaman pertama adalah website SEO Kilat. Ketika website SEO kilat dapat tampil di halaman pertama Google dengan kata kunci “jasa SEO”, itu pertanda bahwa optimasi SEO yang diterapkan telah berhasil 100%.

Manfaat Jasa SEO pada Website

Menggunakan jasa SEO yang benar-benar expert, tentu akan membawa banyak sekali dampak positif bagi perkembangan money site kita. Selain menghemat waktu, memanfaatkan jasa SEO juga akan membantu portal atau situs kita untuk menduduki halaman pertama mesin pencari. Tentu saja, apabila situs yang kita miliki berada di dalam halaman pertama mesin pencari, hal ini akan memperbesar peluang bisnis kita untuk mendapatkan profit yang lebih besar pula. Untuk menghindari kesalahfahaman pada poin ini, Anda bisa menambah informasi dan wawasan dengan membaca manfaat SEO bagi perkembangan bisnis.

Cara Memilih Jasa SEO

Bagi Anda yang berencana ataupun memiliki sebuah planning untuk menggunakan jasa SEO, ada beberapa poin penting yang perlu untuk anda ketahui ataupun Anda garis bawahi. Berikut dibawah ini beberapa catatan bila anda hendak menerapkan dan memilih jasa SEO.

1. Komitmen untuk melakukan perubahan. Langkah dasar yang perlu anda ingat adalah Anda harus memiliki sebuah komitmen yang kuat untuk melakukan sebuah perubahan. Ingat, melakukan optimasi website di mesin pencari bukanlah perkara singkat dan sederhana. Semua akan percuma, bila anda menggunakan jasa SEO namun anda tergesa-gesa untuk mendapatkan hasil.

2. Beri ruang kepada calon SEO anda untuk menjelaskan kemampuan yang dimilikinya. Anda berhak bertanya atau mengetahui sejauh mana kemampuan orang yang akan anda minta untuk melakukan optimasi website di mesin pencari. Seperti menanyakan:

  • keyword apa saja yang berhasil Anda bidik dan menduduki halaman pertama,
  • pencapaian apa yang telah didapat dari kemampuan anda?
  • Apakah anda mematuhi pedoman Webmaster saat melakukan optimasi mesin pencari?
  • Apakah anda juga memiliki pemasaran online yang mendukung bisnis kita?
  • Apa yang menjadi tolok ukur keberhasilan?
  • Sudah berapa lama Anda menggeluti bidang ini?
  • Bagaimana caranya untuk menghubungi anda?
  • Apakah anda juga menyediakan kelas untuk memahami tehnik SEO?

3. Beri layanan SEO untuk mengakses audit penelusuran. Maksudnya adalah Anda perlu memberikan akses audit penelusuran kepada SEO expert anda. Dalam hal ini yang kami maksud adalah akses ke Google search console. Hal ini sangat penting, khususnya untuk memantau perkembangan, sekaligus menjadi media awas, kalau-kalau website yang sedang dioptimalkan ternyata mendapatkan notifikasi/peringatan dari mesin pencari.

Bagaimana Garansi Jasa SEO Kilat?*

Sebelumnya kami ingin berterima kasih kepada Anda yang sudah berkunjung ke situs ini. Adapun perihal garansi yang kami maksud dalam paket jasa SEO kami adalah bukan garansi halaman pertama. Mungkin Anda terkejut mendengar hal ini, sudah bayar mahal-mahal koq tidak garansi halaman pertama?

Kami dapat memahami reaksi Anda. Namun kami juga perlu memberikan pemahaman kepada Anda, bahwa sejatinya tidak ada jasa yang dapat memastikan sebuah konten, untuk tampil di halaman pertama mesin pencari, kecuali Google itu sendiri.

Hal ini juga telah disebut dalam halaman support Google, bahwa tidak ada yang dapat menjamin sebuah konten, masuk ke halaman pertama mesin pencari Google. Oleh sebab itu, kami berusaha untuk jujur kepada calon klien, bahwa kami tidak bisa menjanjikan page-one kepada Anda.

AKAN TETAPI, yang dapat kami janjikan kepada Anda adalah rangkaian benefit (keuntungan) yang akan kami jabarkan di dalam proposal SEO kami. Perlu diketahui juga, ketika Anda menemukan halaman situs ini di page one mesin pencari, hal tersebut sebenarnya merupakan pertanda bahwa SEO yang kami tawarkan bukanlah jasa abal-abal.

Sekedar menginformasikan, sistem/cara kerja optimasi yang kami aplikasikan pada website klien, selalu berlandaskan pada aturan terbaru Google. Maka dari itu, website Anda dijamin akan aman di dalam mesin pencari, selama berada di bawah maintenance kami.

Cara Kerja SEO Kami

Secara umum, jasa SEO yang kami tawarkan menerapkan sistem optimasi 3 langkah, yaitu sebagai berikut:

1. Proses Auditing

Dalam tahap ini, kami akan melakukan proses auditing situs, untuk mengukur dan menganalisa seluruh aspek dari website yang akan dioptimasi.

2. Proses SEO On-Page

Dalam tahap ini, kami akan melakukan beragam rangkaian kerja SEO, dimulai dari dalam website itu sendiri. Mulai dari struktur konten, struktur link, hingga struktur website secara keseluruhan.

3. Proses SEO Off-Page

Secara umum, proses SEO Off-Page yang kami tawarkan kepada klien akan berfokus pada backlink building. Tentu saja, ini adalah salah satu tahap paling urgen dalam rangkaian optimasi SEO.

Antisipasi Praktek SEO

Tentu kita mengetahui, ada banyak sekali jasa pelayanan SEO, mulai dari harga yang miring, sampai harga selangit yang biasa disewa oleh perusahaan raksasa.

Banyak diantaranya yang jujur dalam melakukan upaya optimasi, namun tidak sedikit pula yang melakukan trik curang dengan melanggar guidelines Google.

Bukannya memperbaiki posisi website di mesin pencari, optimasi SEO yang keliru justru akan membawa dampak negatif, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut dibawah ini kami beri beberapa panduan bagi anda yang berencana menyewa atau mempekerjakan jasa SEO.

  • Hindari jasa SEO yang kerap melakukan spaming keyword pada konten atau halaman web
  • Hindari SEO service yang melakukan anchor link secara tidak natural
  • Hindari SEO expert yang kerap melakukan plagiat untuk mengoptimasi halaman web.
  • Hindari SEO expert yang melakukan spaming link secara membabi buta.
  • Hindari jasa SEO yang melakukan backlink pada halaman yang tidak relevan.
  • Hindari SEO expert yang keberatan menyampaikan report optimization.
  • Hindari SEO expert yang menjanjikan halaman pertama pada mesin pencari. Ingat tidak ada yang dapat
  • menjamin halaman web anda berada di #1. Akan tetapi, dengan melakukan upaya optimasi, peluang halaman web anda untuk masuk ke halaman pertama akan menjadi lebih besar.

SEO Kilat Adalah Jasa SEO Professional

Kami menawarkan jasa SEO yang profesional, dalam artian: “kami tidak akan menerima orderan optimasi keyword yang telah diorder oleh klien lain”. Itu artinya, bila Anda menjadi klien kami dan melakukan transaksi optimasi keyword, kami tidak akan menerima orderan dari klien lain dengan keyword yang telah Anda order terlebih dahulu kepada kami.

Kenali Jasa SEO Anda

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui Untuk mengenal Apakah jasa SEO tersebut dapat dipercaya atau memiliki kompetensi. Berikut dibawah ini adalah beberapa point sederhana yang dapat mengindikasikan bahwa jasa SEO tersebut pantas buat Anda. Jasa SEO yang baik umumnya akan menanyakan beberapa hal berikut kepada Anda:

  • Siapa yang menjadi kompetitor Anda?
  • Apakah Anda sudah pernah memakai jasa SEO?
  • Apakah Anda sudah pernah menggunakan jasa periklanan? Kalau iya, iklan apa saja?
  • Siapa saja yang akan menjadi calon customer Anda?
  • Dapatkah anda sebutkan kelebihan dari produk anda yang menjadikannya unik di mata customer?

Istilah Dasar Dalam Dunia SEO

Setelah memahami pengertian SEO secara umum di atas, beberapa istilah dasar dalam dunia SEO yang perlu untuk kita kenal atau ketahui antara lain sebagai berikut:

1. SEM (Search Engine Marketing)

Sesuai namanya, SEM atau search engine marketing adalah sebuah teknik atau metode pemasaran yang diaplikasikan pada mesin pencari internet. Sejauh ini, praktek dari search engine marketing itu sendiri terbagi menjadi dua jenis. Pertama yaitu yang paling umum kita dengar dengan sebutan SEO, sedangkan yang kedua dikenal dengan sebutan PPC atau pay per click. Telah kita jelaskan dimuka bahwa, SEO atau pemanfaatan jasa SEO adalah sebuah teknik optimasi yang secara umum berfungsi meningkatkan jangkauan konten atau produk, dengan memperbaiki peringkatnya di mesin pencari. Adapun PPC atau pay per click adalah sebuah teknik optimasi mesin pencari yang bekerjasama langsung dengan pihak atau perusahaan mesin pencari tersebut. Produk atau konten yang menggunakan metode optimasi PPC ini umumnya akan didorong ke permukaan halaman mesin pencari. Sebenarnya teknik ini lebih tepat dikatakan sebagai beriklan, dibanding dengan sebutan optimasi mesin pencari. Mengapa? Karena tidak dibutuhkan skill khusus untuk memperbaiki peringkat konten atau produk kita di halaman mesin pencari. Kita hanya perlu membayar sejumlah dana.

2. Domain Rating

Meskipun bukan tolok ukur mutlak dari kesuksesan sebuah halaman web, namun domain rating yang merupakan produk yang dikembangkan oleh Ahrefs ini memiliki nilai tersendiri di mata para webmaster sebagai metrik kualitas domain. Nilai domain rating yang tinggi diyakini oleh para webmaster sebagai salah satu ciri domain yang memiliki authority tinggi dan mudah untuk bersaing di mesin pencari. Terlebih lagi, apabila domain tersebut dikelola oleh jasa SEO yang mumpuni, mendominasi halaman pertama di mesin pencari pun tentu bukan sebuah hal yang mustahil.

3. PageRank

Sedikit berbeda pengertian dengan domain rating, PageRank merupakan salah satu metrik pengukur tingkat popularitas dari sebuah halaman web. Semakin tinggi nilai atau skala PageRank dari sebuah domain atau halaman website,  Maka hal itu menunjukkan semakin tinggi pula tingkat kepopuleran website tersebut di mata mesin pencari. Peringkat PageRank ini diukur dari angka 1-10. Dalam menentukan PageRank (rangking atau nilai) dari sebuah website, algoritma mesin pencari akan melakukan sinkronisasi dan membaca seluruh aspek yang terdapat pada domain kita,  seperti: jumlah Link yang tertuju pada halaman web, value dari sebuah konten, penggunaan Meta Tag, dan faktor-faktor lainnya. PageRank merupakan salah satu algoritma yang telah mendapatkan paten, dan diciptakan langsung oleh Larry Page dan Sergey Brin untuk mengukur tingkat kepopuleran sebuah website di mesin pencari.

4. Backlink

Bagi mereka yang sudah lama terjun di dunia blogging, atau mereka yang sudah pernah menyewa jasa SEO, istilah backlink mungkin sudah tidak asing lagi. Bila kamu belum mengenal Apa itu backlink, sederhananya yaitu: backlink adalah tautan, URL, ataupun Link dari sebuah website atau halaman blog yang mengarah pada website kita. Seperti yang telah kita jelaskan di atas, salah satu dari manfaat backlink yaitu mampu meningkatkan popularitas serta authority dari sebuah website di mata mesin pencari. Backlink ini sendiri pun secara umum terbagi menjadi dua jenis, yang pertama backlink dofollow, dan kedua backlink nofollow. Backlink yang baik dan mampu mempengaruhi authority di mesin pencari adalah jenis backlink dofollow.

5. Linkbait

Diantara istilah lainnya dalam dunia SEO yang perlu kita kenal adalah linkbait. Bila pengertian backlink mengacu pada sebuah URL atau tautan yang mengarah ke sebuah website yang akan dioptimasi, adapun linkbait yaitu halaman website tempat dimana kita akan menyisipkan backlink tersebut. Umumnya linkbait ini berupa potongan artikel yang mengundang rasa penasaran pembacanya, kemudian artikel tersebut dipotong dengan menyisipkan link eksternal ke halaman asli artikel.

6. Anchor Text

Masih berkaitan dengan backlink, bagi mereka para blogger yang sudah lama menggeluti dunia blogging, atau pernah menggunakan Jasa SEO, mungkin istilah anchor text sudah tidak asing lagi. Muncul sebuah pertanyaan, bagaimana dengan mereka yang baru saja terjun ke dunia blogging? Kan mereka tidak tahu apa itu Anchor Text?

Tenang, ga perlu pusing. Sederhananya, Anchor Text adalah penggalan frasa atau potongan kalimat singkat, yang biasa dipakai oleh webmaster sebagai tempat menanam backlink. Maksudnya adalah penggalan atau frasa tersebut akan dimasukkan sebuah link yang mengarah ke sebuah halaman website yang akan dioptimasi. Oleh sebab itu, memilih anchor text yang tepat juga merupakan salah satu teknik SEO. Salah dalam menerapkannya bukan menambah hasil optimasi, yang ada peringkat website kita bisa terjun bebas di mata mesin pencari.

7. DoFollow dan Nofollow

Istilah dalam ilmu SEO lainnya yaitu Nofollow dan Dofollow. Istilah ini mengacu pada jenis atau tipe sebuah backlink. Backlink Dofollow adalah jenis backlink yang mampu memberi sinyal ke mesin pencari, dan mampu menambah nilai SEO pada link yang dituju. Sedangkan backlink jenis nofollow yaitu jenis backlink yang diberikan tag khusus, sehingga URL yang tercantum tidak mendapatkan nilai SEO, serta tidak diikuti oleh mesin pencari. Backlink Nofollow biasa digunakan saat kita menginsert sebuah link yang memiliki kualitas rendah, atau berpeluang menambah dampak spam score.

8. Title Tag dan Keyword

Istilah lainnya di dalam penggunaan Jasa SEO atau Ilmu SEO yaitu title tag. Title tag adalah judul yang terdapat di dalam sebuah konten, yang merupakan potongan kalimat utama sekaligus bagian dari keyword. Keyword itu sendiri merupakan sebuah kata kunci terbidik yang biasanya digunakan oleh user saat mencari konten di dalam mesin pencari. Penggunaan keyword yang tepat (dengan analisis) mampu mendatangkan trafik organik lebih baik dibandingkan dengan penggunaan keyword tanpa analisa.

Oleh sebab itu, ada banyak sekali perusahaan yang telah memproduksi tools riset keyword. Umumnya, tools-tools ini digunakan oleh para blogger untuk membantu mereka dalam membuat artikel SEO friendly. Maksudnya yaitu, dengan perantara tools tersebut, mereka para konten kreator mampu meriset data lebih baik, untuk kemudian melakukan eksekusi keyword, yang memberi mereka peluang masuk ke jajaran artikel page-one dengan volume pencarian yang tinggi.

9. Internal Link

Istilah lain yang masih berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization) yaitu internal link. Bila backlink adalah sebuah URL yang terdapat pada website luar menuju website yang kita optimasi, adapun internal link adalah URL yang mengarah dari satu halaman ke halaman lainnya yang masih dalam satu domain. Internal link biasanya dioptimalkan oleh para penyedia jasa seo untuk menurunkan persentase bounce rate. Bounce rate yang terlalu tinggi pada sebuah website, biasanya akan memberikan dampak buruk terhadap perkembangan website kedepannya di mata mesin pencari.

Sebuah pepatah Arab mengatakan :

Semua orang mengaku bahwa dirinya adalah kekasih Laila, namun sayangnya tidak satu pun dari mereka diakui oleh Laila sebagai kekasihnya.

Sama halnya dengan penyedia jasa SEO, setiap jasa SEO khususnya di media sosial mengaku, bahwa dirinya mampu menyediakan jasa pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Namun ironisnya, dirinya sendiri tidak mampu mendongkrak posisi web yang dikelolanya, untuk naik ke posisi halaman pertama Google, padahal dia penyedia jasa SEO.

Fakta-fakta seperti ini sebenarnya adalah suatu keambiguan yang sangat nyata. Sebab sudah seyogyanya penyedia jasa SEO terbaik, mampu memasarkan pelayanannya melalui mesin pencari, alih-alih melalui media sosial. Maka dari itu disini kami ingin sedikit mengingatkan, carilah jasa SEO melalui mesin pencari, bukan melalui sosial media. Karena penyedia jasa SEO melalui mesin pencari terbukti telah merealisasikan apa yang mereka tawarkan, dalam hal ini menempati posisi halaman pertama Google.

_______________________

Bila Kamu memiliki pertanyaan terkait layanan jasa tulis artikel Kami, jangan sungkan untuk menghubungi melalui chat atau halaman kontak Kami, di Halaman Kontak.