Apa Nama Puncak Tertinggi di Dunia yang Berada di India
Apa Nama Puncak Tertinggi di Dunia yang Berada di India?

Bila bertanya, apa nama puncak tertinggi di Dunia yang berada di India? Tentu jawabannya tidak ada. Sebab berdasarkan data yang kita ketahui bersama, puncak tertinggi di dunia adalah Gunung Everest. Sedangkan puncak tertinggi Mount Everest berada di Zona Sagarmatha, Nepal-Tibet, perbatasan Tiongkok. Bukan di India. Sebagaimana kita ketahui juga, jarak Nepal ke India lebih kurang 1.012 Km. Untuk lebih jelasnya, coba baca artikel di bawah ini.

India diberkati dengan keanekaragaman yang tidak hanya seputar budaya saja, akan tetapi India juga di anugrahi dengan beragam keindahan alam, seperti : gurun kering, hutan hijau, pegunungan bersalju, pantai yang panjang dan dataran yang subur. 

Apa Nama Puncak Tertinggi di Dunia yang Berada di India?

Seperti yang sudah kami sampaikan di muka, puncak tertinggi di dunia yaitu Mount Everest (8.848 meter) tidak berlokasi di India, melainkan Nepal. Dalam artikel kali ini, kami memberikan detail dari puncak tertinggi di negara India. Berikut ini adalah daftar 10 Puncak Tertinggi Tertinggi di India. Dan Kanchenjunga menempati urutan teratas dalam daftar kita sebagai puncak tertinggi di India, diikuti oleh Nanda Devi dan Saltoro Kangri. 

1. Puncak Kangchenjunga

Tinggi : 8.586 meter

Lokasi : Sikkim

Catatan : Kangchenjunga adalah puncak tertinggi ketiga di dunia dan menempati posisi ke-1 sebagai puncak tertinggi di India. Puncak ini berada di ketinggian 8.586 meter atau 28.169 kaki. Secara harfiah Kanchenjunga berarti “Lima Harta Karun Salju” (yaitu emas, perak, permata, biji-bijian, dan kitab-kitab suci). Gunung tertinggi di Kangchenjunga terletak di perbatasan India dan Nepal di jajaran Himalaya, Sikkim. Kangchenjunga adalah ejaan resmi yang diadopsi oleh Douglas Freshfield, Alexander Mitchell Kellas, dan Royal Geographical Society yang memberikan indikasi terbaik dalam pengucapan Tibet. Freshfield merujuk pada ejaan yang digunakan oleh Pemerintah India sejak akhir abad ke-19. Dan beberapa ejaan alternatif untuk kosa kata ini antara lain: Kangchendzönga, Khangchendzonga, dan Kanchenjunga.

Udah tau belum? Negara terkaya di Dunia

2. Puncak Nanda Devi

Tinggi : 7.816 meter

Lokasi : Uttrakhand

Catatan : Nanda Devi adalah salah satu gunung tertinggi di dunia dan menduduki peringkat kedua di wilayah India. Puncak Nanda Devi merupakan puncak tertinggi yang (seluruh tubuh puncak) berada  di wilayah negara India, Berbeda halnya dengan Kanchenjunga. Sebab puncak Kanchenjunga terletak di daerah perbatasan India dan Nepal. Puncak Nanda Devi adalah gunung paling dikenal di dunia hingga tahun 1.808, sampai akhirnya surveyor barat menemukan Gunung Dhaulagiri yang puncaknya melebihi ketinggian Puncak Nanda Devi.

3. Puncak Kamet

Tinggi : 7.756 meter

Lokasi : Uttrakhand

Catatan: Kamet adalah puncak tertinggi di pegunungan Zaskar di wilayah Garhwal di Distrik Chamoli, Uttarakhand. Kamet adalah puncak gunung tertinggi kedua di Garhwal Himalaya. Puncak gunung Tibet dikelilingi oleh tiga puncak utama yang berdekatan dan terletak sangat dekat dengan Tibet. Puncak Kamet terletak di utara jajaran utama dan lebih jauh, serta lebih sulit untuk diakses dibandingkan beberapa puncak di Himalaya.

4. Puncak Saltoro Kangri

Tinggi : 7.742 meter

Lokasi : Jammu & Kashmir

Catatan : Puncak Saltoro Kangri adalah puncak tertinggi di pegunungan Saltoro, sebuah sub jangkauan Karakoram. Pegunungan Saltoro terletak di pusat Great Karakoram dan sangat dekat dengan gletser terpanjang kedua di dunia di wilayah non kutub, yaitu Gletser Siachen. Panjang Gletser ini mencapai 76 km.

5. Puncak Saser Kangri

Tinggi : 7.672 meter

Lokasi : Jammu & Kashmir

Catatan : Puncak Saser Kangri adalah salah satu dari kelompok lima puncak gunung yang agung. Puncak ini adalah puncak gunung tertinggi di antara kelima gunung bersaudara, dengan ketinggian 7.672 m atau 25.171 kaki dan Menduduki peringkat ke-35 di dunia.

6. Puncak Mamostong Kangri

Tinggi : 7.516 meter

Lokasi : Jammu & Kashmir

Catatan : Puncak Mamostong Kangri adalah gunung tertinggi sub-rentang Rimo Mustagh dari rentang Great Karakoram. Mamostong Kangri terletak di daerah terpencil Gletser Siachen. Puncak Mamostong Kangri menempati peringkat tertinggi independen ke-48 di dunia.

Udah tau belum? Tipe karakteristik pengguna Facebook

7. Puncak Rimo

Tinggi : 7.385 meter

Lokasi : Jammu & Kashmir

Catatan : Puncak Rimo terletak di sisi utara Rimo Muztagh di daerah Karakoram yang terkenal. Seri gunung Rimo terdiri dari empat puncak, dan Rimo I merupakan puncak tertinggi di antara puncak puncak Rimo lainnya. Di sebelah timur laut, terdapat Pegunungan Rimo Timur Laut dan Pass Karakoram, yang merupakan salah satu rute perdagangan paling penting di Asia Tengah.

8. Puncak Hardeol

Tinggi : 7.151 meter

Lokasi : Uttrakhand

Catatan : Puncak Hardeol disebut juga sebagai Kuil Dewa, yang merupakan salah satu puncak gunung utama Kumaon Himalaya yang terletak di sisi utara Suaka dan menjaga Nanda Devi. Puncak ini terletak di lembah Milam di distrik Pithoragarh di Uttarakhand.

9. Puncak Chaukamba

Tinggi : 7.138 meter

Lokasi : Uttrakhand

Catatan : KTT Chaukhamba adalah puncak tertinggi dalam kelompok Gangotri yang terletak di wilayah Himalaya Garhwal di Uttarakhand. Grup Gangotri memiliki total empat puncak dan Chaukhamba I merupakan yang tertinggi di antara semuanya. Chaukhamba mendapatkan namanya karena empat puncak besar bersama satu sama lain.

10. Puncak Trisul

Tinggi : 7.120 meter

Lokasi : Uttrakhand

Catatan : Puncak Trisul terdiri dari 3 puncak, dan Trisul I merupakan yang tertinggi di dalam grup. Nama Trisul berasal dari senjata Trishul Dewa Siwa. Puncak gunung Trisul berada dekat dengan tempat suci Nanda Devi. 

Udah taukan sekarang? Ternyata ada banyak sekali gunung dengan ketinggian diatas 7.000 meter di wilayah India. Baiklah, sekian dulu pembahasan kita kali ini terkait nama puncak tertinggi di dunia yang berada di India. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Udah tau belum? Sungai terpanjang di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *