pengertian generalisasi, pengertian generalisasi dan contohnya, pengertian generalisasi dalam ips, pengertian generalisasi dalam debat, pengertian generalisasi menurut para ahli, pengertian generalisasi adalah, pengertian analisis generalisasi, contoh generalisasi adalah, arti generalisasi adalah, apa pengertian generalisasi, arti dan pengertian generalisasi, apakah pengertian generalisasi, contoh generalisasi brainly, contoh generalisasi bahasa indonesia, pengertian generalisasi menurut bahasa indonesia, pengertian generalisasi secara bahasa, pengertian generalisasi dalam bahasa, pengertian generalisasi dan macam macamnya, pengertian generalisasi dalam kbbi, pengertian generalisasi ips, jelaskan pengertian generalisasi, arti lain generalisasi,
Pengertian Generalisasi dan Contohnya

Pengertian Generalisasi – Menguasai berbagai cabang ilmu adalah sebuah hal bermanfaat yang tentunya dapat berguna sewaktu-waktu. Termasuk juga memahami banyak literasi. Salah satu kata yang mungkin sering kita dengar adalah generalisasi. Kata generalisasi umumnya sering kita temui dalam dialog atau debat terbuka, baik di sosial media, radio, atau pun televisi. Namun yang menjadi permasalahan, akibat rendahnya minat warga Indonesia terhadap literasi, banyak yang belum mengerti apa itu generalisasi. Nah! bagi yang belum tahu apa itu generalisasi, simak pengertian generalisasi di bawah ini.

Pengertian Generalisasi

Generalisasi adalah proses memperoleh suatu kesimpulan secara umum. Kesimpulan umum diperoleh seseorang karena berbagai pengalaman atau hasil pengamatan yang berulang kali.

Contoh Generalisasi

Sebagai contohnya, pada kerusuhan di Ambon, ditemukan adanya perusakan fasilitas publik. Demikian pula kerusuhan yang terjadi di Makassar polisi menangkap oknum-oknum yang melakukan tindakan perusakan. Sebagaimana di ibu kota, akibat kerusuhan tersebut fasilitas-fasilitas publik pun menjadi rusak. Oleh karena itu, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam kerusuhan selalu terdapat perusakan atau tindakan anarkis oleh para perusuhnya. Suatu generalisasi tidak selamanya benar. Tidak jarang generalisasi menjadi salah karena pengambilan kesimpulan yang tergesa-gesa. Sering kali peneliti langsung menarik kesimpulan hanya dengan melihat satu sebab saja, generalisasi semacam ini disebut hasty generalization.

Pelajari Juga : Jelaskan Pengertian Perencanaan Sosial

Demikian informasi bagi Kalian yang sedang membutuhkan penjelasan mengenai pengertian generalisasi dan contoh generalisasi dalam sosiologi. Jangan lupa bagikan konten artikel ini ke teman Kalian yang juga membutuhkan informasi yang sama. Kalian juga bisa mempelajari materi lainnya seputar sosiologi yang telah Kami susun secara sistematis. Untuk referensi konten yang Kami sampaikan di atas, dapat Anda lihat di akhir tulisan ini. Oleh karena itu, pastikan menjadikan media Kami sebagai rujukan pembelajaran Kalian untuk menjawab pertanyaan seputar dunia sosiologi, khususnya untuk SMA kelas X dan sederajat.

Sumber : Sosiologi: untuk SMA/MA kelas X/ Oleh Vina Dwi Laning; editor Marina Meinaris Wari.
— Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009