Jenis-Jenis Unggas
Jenis-Jenis Unggas yang umum di Indonesia

Jenis-Jenis Unggas yang Umum di Indonesia

Jenis-jenis Unggas – Balik lagi di seokilat.com masih membahas seputar ilmu peternakan. Langsung saja, pada postingan di bawah ini Kami akan menguraikan pembahasan mengenai jenis jenis unggas yang umum di Indonesia. Kenapa di Indonesia, karena ini berasal dari materi belajar buku dasar dasar perternakan di sekolah Indonesia. Disusun berdasarkan kurikulum Indonesia. Oke! langsung saja yah, berikut materinya:

Jenis-jenis Unggas

Unggas adalah ternak yang mempunyai banyak jenis. Berikut beberapa jenis unggas yang umum ada di Indonesia 

1) Ayam Ras Tipe Pedaging
Ayam ras pedaging adalah istilah untuk menyebut strain ayam hasil teknologi yang memiliki karakteristik ekonomis, dengan ciri khas pertumbuhan cepat sebagai penghasil daging, konversi pakan irit, siap dipotong pada usia relatif muda serta menghasilkan kualitas daging berserat lunak. 

2) Ayam Ras Tipe Petelur
Tipe petelur adalah istilah untuk menyebut strain ayam hasil budidaya teknologi yang memiliki karakteristik ekonomis, dengan ciri khas memproduksi telur yang tinggi dengan konversi pakan rendah. 

3) Ayam Ras Tipe Medium/Dwiguna
Pemeliharaan ayam ras ini mempunyai tujuan ganda, yaitu penghasil telur dan penghasil daging. 

4) Ayam Buras
Ayam buras digunakan untuk membedakan jenis ayam asli yang sudah dipelihara masyarakat pedesaaan di Indonesia. Ayam ini sudah berkembang lama dipelihara penduduk secara turun temurun sebagai usaha sampingan. Dibandingkan ayam ras, produksi telur dan daging ayam buras memang masih kalah jauh. Umumnya ayam buras dipelihara secara tradisional, meskipun akhir-akhir ini mulai berkembang juga pemeliharaan ayam buras secara komersial dalam jumlah yang banyak. 

5) Itik
Menurut jenisnya itik dikelompokkan dalam tiga jenis yaitu a) Itik petelur, sebagai contoh Indian runner, itik alabio, itik mojosari, khaki campbel, dan puff, b) Itik pedaging seperti rouen, Muscovy, dan Cayuga c) Itik Ornamental atau itik kesayangan seperti East India, call, mandariun, blue, dan wood. 

6) Puyuh
Puyuh merupakan jenis ternak unggas yang mempunyai prospek menguntungkan. Pemeliharaan puyuh terutama bertujuan sebagai penghasil telur. Keuntungan diperoleh juga dari hasil penjualan puyuh afkir. Limbah kotorannya dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. 

7) Unggas Kesayangan/Unggas Hias
Unggas kesayangan atau unggas hias adalah unggas yang pemeliharaannya ditujukan sebagai ternak kesayangan. Unggas kesayangan dipelihara karena mempunyai karakteristik atau sifat fisik yang unik/khas sehingga memberi kesenangan bagi pemiliknya. Beberapa unggas yang termasuk ke dalam klasifikasi unggas kesayangan adalah: 

  • Ayam adu, mempunyai sifat mudah diadu, pemberani, misal ayam bangkok 
  • Ayam penyanyi, mempunyai suara kokoknya khas, seperti ayam kokok balenggek, ayam pelung, 
  • Ayam kate, mempunyai bentuk tubuh mungil dan menarik 
  • Ayam kapas, mempunyai bulu putih seperti kapas e) ayam walik, mempunyai bulu terbalik.

Demikian konten terkait jenis jenis unggas yang umum di Indonesia. Tentunya di luar negeri masih ada lebih banyak jenis unggas yang dibudidayakan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa dishare yah ke sosial media Kalian agar semakin banyak yang mengetahui. Ikuti terus informasi bermanfaat dari SEO KILAT.

Lainnya: Cara Mengobati Penyakit Jembrana Pada Sapi Bali

Sumber: Buku Teks Bahan Ajar Siswa SMK Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Kesehatan Hewan Kelas 10 Semester 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *