Cara Mengobati Penyakit Kutil Sapi
Cara Mengobati Penyakit Kutil Sapi

Cara Mengobati Penyakit Kutil Pada Sapi

Cara Mengobati Penyakit Kutil Pada Sapi – Halo gaes, balik lagi SEO KILAT pusat informasi dan solusi. Pada kesempatan ini Kita akan belajar mengenai cara mengobati kutil pada sapi. Sekalipun Kita mungkin belum dapat mempraktekkannnya, Kita sudah mendapatkan informasi awal tentang bagaimana cara mengatasinya. Sehingga, bila Kita dihadapkan dengan kondisi tersebut, Kita tidak terlalu canggung atau khawatir.

Penyakit Kutil

Penyakit kutil (Cuteneous papillomatoisi) adalah tumor kulit yang memiliki bentuk bulat kecil, keras dan berwarna coklat kehitaman, bentuk penyakit ini juga yang hampir menyerupai bunga kol. Penyakit ini disebabkan oleh virus Bovine Papilomavirus (BPV), type BPV-1, BPV-2 serta Bpv-5 yang masih tergolong  dalam fmili Papovaridae.

Dampak Negatif/Kerugian Penyakit Kutil Pada Hewan

Penyakit kutil ini banyak ditemukan pada semua jenis ternak, seperti kambing, sapi, domba, babi, anjing maupun kucing. Dengan terjangkitnya penyakit ini, akan mengakibatkan kerugian besar terutamanya pada ternak sapi. Kerugian tersebut meliputi:

  • Performa sapi menjadi tidak maksimak, karena permukaan kulit ditumbuhi kutil.
  • Menurunkan harga jual pada suatu ternak.
  • Lama kelamaan akan terdapat ektoparasit dan infeksi bakteri yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh ternak.

Penularan Penyakit Kutil

Penularan penyakit kutil melalui kontak langsung, meliputi pakan, minum, penggunaan peralatan berulang kali pada ternak dan peralatan yang  terkontaminasi oleh ternak penderita. Biasanya penularan penyakit yang sering terjadi pada ternak akibat ear tag, pemsangan tali hidung, dan terkena lesi akibat dari kawat duri.

Gejala Klinis Penyakit Kutil 

Permukaan kulit akibat penyakit kutil agak kasar, menonjol dan tampak benjolan seperti bunga kol. Selain itu, bila disentuh akan keras dan bila dibedah terdapat darah dan daging berwarna putih dan tidak menimbulkan rasa nyeri.

Cara Mengobati Penyakit Kutil Pada Sapi

Pengobatan dapat dilakukan dengan mengisolasi ternak yang terserang. Kemudian kutil dapat diangkat melalui pembedahan atau diikat dengan benang jahit. Selain itu, juga dapat disembuhkan dengan pembuatan autovaksin yang di injeksikan secara subcutaneous di daerah dekat kutil. Jika kutil sudah berkurang selama seminggu setelah vaksin, maka lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya pengobatan dilakukan di kandang terpisah atau kandang isolasi khusus pengobatan, untuk menghindari penyebaran penyakit dan mempermudahkan dalam penyembuhan ternak penderita.

Demikian saja informasi Kita kali ini tentang Cara Mengatasi dan Cara Mengobati  Penyakit Kutil Pada Sapi. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Jangan lupa seperti biasa, dukung perkembangan media ilmu peternakan Kami dengan membagikan postingan ini ke sosial media Kalian. Terima kasih.

Lainnya: Cara Mengobati Kaki Bengkak Burung Kacer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *