Manfaat Undangan Digital
Manfaat Undangan Digital: Kelebihan dan Kekurangan

Manfaat Undangan Digital: Kelebihan dan Kekurangannya

Manfaat Undangan Digital – Halo para pembaca yang budiman, balik lagi di seokilat.com pusat informasi dan solusi. Bagi Kamu yang sebentar lagi melangsungkan pernikahan, mungkin sedang mengalami yang namanya kebingungan yah, antara menggunakan undangan yang konvensional atau undangan digital. Nah! untuk menyelesaikan kebingungan Kamu, di sini Kita akan bahas satu persatu.

Apa itu Undangan Digital?

Sederhananya, undangan digital adalah suatu lampiran undangan dalam format digital. Baik itu dalam format image/foto maupun video. Secara spesifik, undangan digital tidak hanya sebatas undangan pernikahan saja. Lebih luas lagi, undangan digital mencakup segala bentuk undangan kegitan, baik itu kegiatan formal maupun non formal. Undangan digital ini adalah kebalikan dari undangan konvensional yang biasanya berupa media cetak, seperti: kertas.

Kelebihan/Manfaat Undangan Digital

Bila ditinjau dalam beberapa aspek, tentu Kita akan dapati bahwa ada beberapa kelebihan atau manfaat undangan digital dibanding undangan dalam bentuk cetak kertas.

1. Mudah Disebarkan

Undangan digital memiliki keunggulan dalam hal distribusi atau penyebaran. Cukup menggunakan media pesan sosial media, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, Telegram, dan media sosial lainnya, Kita bisa mengirim atau membagikan info undangan acara. Dengan kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, tidak sedikit orang lebih memanfaatkan undangan digital, ketimbang undangan kertas/konvensional.

2. Tidak Memerlukan Bensin Untuk Distribusi

Jika Kita merujuk pada undangan model kertas, Kita membutuhkan yang namanya biaya bensin untuk menyebarkan undangan Kita ke karib kerabat atau teman di kota Kita. Hal ini tentu saja tidak mudah, karena ada banyak sekali undangan yang harus disebar. Oleh sebab itu, dengan menggunakan undangan digital, Kita tidak perlu khawatir biaya transportasi untuk menyebarkan undangan digital.

3. Memangkas Biaya Cetak Undangan

Dengan menggunakan undangan digital, Kita dapat memangkas biaya cetak undangan yang bisa menyentuh angka 1 juta rupiah, bila 1 lembar undangan seharga Rp. 2000 dan sebanyak 500 eksemplar. Nah! dengan menggunakan undangan digital, Kita cukup menyebarkan file undangan dan dapat dilihat langsung oleh orang yang menerima undangan Kita. Biasanya, format undangan digital yang paling mudah dilihat adalah dalam bentuk gambar.

4. Pilihan Desain Yang Variatif

Dengan memilih undangan digital, Kita bisa memilih banyak desain estetik dan simpel sesuai dengan selera Kita. Dengan kemudahan dalam memilih desain, Kita dapat lebih puas dan lebih nyaman di hati saat menyebarkan undangan acara Kita.

5. Membantu Menjaga Alam

Dengan menggunakan undangan digital, secara tidak langsung Kita telah menekan angka penggunaan bahan dasar kertas dan plastik. Sehingga, kebutuhan untuk menebang pohon untuk dijadikan kertas menjadi lebih sedikit. Bayangkan bila 1 juta masyarakat beralih dari undangan format kertas, menjadi ke digital. Tentu saja ada banyak pohon yang lebih terselamatkan.

Jangan tunda lagi! Segera buat undangan digital Kamu dan sebarkan ke seluruh kerabat keluarga, serta teman-temanmu, tanpa batasan/limit.

Pesan Undangan!

Kekurangan Undangan Digital

Meskiupun dalam beberapa aspek, undangan digital terasa lebih unggul, namun tetap saja ada beberapa hal yang bila dipandangan dari sudut berbeda akan memberi kesan, bahwa undangan digital tidak begitu baik. 

1. Terkesan Kurang Sopan

Meskipun Kita telah memasuki era digital di mana segalanya kerap telah dikonversi ke dalam bentuk digital, namun karena kekentalan adat, terkadang apa yang Kita lakukan diterjemahkan salah oleh penerimanya. Termasuk dalam hal ini soal menggunakan undangan digital. Bagi sebagian orang, khususnya generasi yang sudah berusia tua, misal 40 tahun ke atas. Undangan yang diberikan dalam bentuk digital terasa kurang menghargai tamu. Ini merupakan salah satu yang dipandang sebagian orang merupakan kekurangan dari undangan digital.

2. Pengirim dan Penerima Harus Terkoneksi Internet

Meskipun di satu sisi Kita tidak membutuhkan bahan bakar untuk transportasi, namun dalam hal ini jika ingin menggunakan undangan digital, si pengirim undangan dan penerima undangan wajib terhubung dengan jaringan internet. Jadi, sekalipun Kita mengirimnya, ada kemungkinan sekian persen si penerima tidak menerima undangan Kita, sebab tidak terhubung internet. Namun, Kami rasa mayoritas penduduk Indonesia saat ini sudah tercakup dengan jaringan internet.

Menurut pendapat penulis, penggunaan undangan digital lebih efisien ditujukan ke generasi muda, seperti para sahabat kita yang masih seusia. Namun, jika tujuan undangan adalah generasi tua yang sudah Kita sebutkan di atas, alangkah baiknya menggunakan undangan yang formal seperti biasanya.

Mungkin aja gaes terkait Manfaat Undangan Digital: Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga informasi yang Kami hadirkan di atas bisa menambah insight Kalian yah seputar undangan. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Kalian agar semakin banyak rakyat Indonesia yang teredukasi lagi. Tetap semangat, jangan menyerah, Assalamu’alaikum!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *